MilenialSiber.com- Akun Twitter Bjorka yang kini beralih jadi Bjorkanism beberapa waktu belakangan ini mencuri perhatian warganet karena aksinya membocorkan data pribadi sejumlah menteri di Indonesia.

Bjorka sendiri merupakan nama yang dipilih oleh sosok hacker misterius. Ia telah membocorkan data pribadi Menkominfo Johnny G Plate, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pemerintah sendiri telah memblokir akun Twitternya. Namun nama Bjorkan tetap menjadi perhatian warganet dan menjadi trending topic nomor satu di Indonesia.

Hingga Senin pagi (12/9/2022) terpantau bahwa ada lebih dari 160 ribu cuitan di Twitter yang menyematkan nama Bjorka.

Sementara sehari sebelumnya, nama Bjorka juga menjadi trending topic dan telah diuitkan oleh warganet lebih dari 97 ribu kali.

Dari mana Bjorka berasal?

Setelah sukses membuat heboh jagad maya, publik mulai bertanya-tanya, siapakah Bjorka itu? Dari mana ia berasal?

Pegiat media sosial Denny Siregar ikut-ikutan menduga dari mana asal Bjorka. Hal itu ia lakukan setelah Bjorka menyebut namanya dalam salah satu cuitannya.

Cuitan Bjorka mengenai Denny Siregar itu muncul pada Minggu (11/9/2022). Dalam cuitannya, Bjorka menyebut Denny Siregar adalah orang yang menikmati uang pajak Indonesia, namun dalam waktu yang bersamaan juga membuat perpecahan di masyarakat Indonesia.

Hai Denny Siregar. Bagaimana rasanya sudah menggunakan uang pajak dari rakyat Indonesia tapi malah menggunakan internet untuk mempolarisasi orang?” cuit Bjorka melalui akun Twitter @Bjorkanism, Minggu (11/9/2022).

Cuitan itu kemudian ditanggapi oleh Denny Siregar. Ia mengaku bingung mengapa hacker Bjorka bisa mengenalnya. Ia menduga sosok di balik nama Bjorka tersebut adalah orang Indonesia.

Ini apa gua yang terlalu terkenal sampe ke internasyinel atau dianya yang orang lokal?” cuit Denny curiga.

Kecurigaan kalau Bjorka adalah orang Indonesia juga muncul dari Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya. Meskipun dalam akun Twitternya yang telah diblokir pemerintah, Bjorka menyatakan aksinya adalah bentuk dedikasi kepada temannya yang berkebangsaan Indonesia di Polandia, Willy Aditya tetap yakin kalau Bjorka adalam warga Indonesia.

Menurut Willy, gaya bahasa yang digunakan Bjorka dalam setiap cuitannya sangat mirip dengan gaya bahasa orang Indonesia.

Ia juga mengatakan, jika sebenarnya aparat kepolisian tidak sulit menangkap sosok orang yang ada di balik nama Bjorka tersebut.

Menurut Willy, penangkapan terhadapp Bjorka hanya tinggal menunggu waktu saja, terlebih saat ini Indonesia telah memiliki Undang-undang ITE yang menjadi dasar untuk membekuk pemilik akun Bjorka tersebut.

“Kita tunggu saja tanggal mainnya,” ujar Willy.

Bjorka mengaku keturunan Indonesia?

Meski sosok Bjorka masih menjadi misterri, dalam salah satu cuitannya, Bjorka pernah membocorkan sedikit mengenai asal usulnya.

Dalam salah satu cuitannya pada Minggu (11/9/2022), Bjorka mengatakan kalau ia memiliki kakek yang dulu adalah berkebangsaan Indonesia.

Namun setelah peristiwa 1965, kakeknya tersebut kehilangan statusnya sebagai WNI. Ia tida menjelaskan lebih lanjut mengenai sosok kakeknya itu, namun satu hal ia menyebut kalau kakeknya adalah orang yang sangat cerdas.

Menurut Bjorka, kakeknya itu sebenarnya memiliki harapan untuk pulang dan ikut membangun Indonesia seperti yang dilakukan BJ Habibie.

Namun kakek Bjorka tak bisa lagi menjadi WNI hingga akhir hayatnya. Setelah membocorkan sedikit indormasi mengenai dirinya, Bjorka meminta semua orang agar tida melacak sispa gerangan kakeknya itu, karena akan sia-sia.

Ya, jangan coba-coba melacak dia (kakek) dari Kemenlu (Kementerian Luar Negeri), karena Anda tidak akan menemukan apa-apa,” ungkap Bjorka.

Meski ada sedikit pengakuan dari Bjorka, tetap saja informasi tersebut hingga kini belum terkonfirmasi, sehingga masih diragukan kebenarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here